05 Desember 2008

Bahaya 12 Pulau Terluar

Wah bahaya, Sedikitnya 12 pulau terluar milik Indonesia sangat rentan diambilalih oleh negara asing di perbatasan. Salah satunya adalah pulau rondo yang terletak di utara aceh, ini aku sadur dari situs poskota.co.id, keknya bangsa aceh juga harus turun tangan ni, jangan sampe kasus pulau Bayan dan Simpadan di kalimantan timur maren tu terulang lagi, diambil sama malaya, bisa hilang lagi donk pulau kita, pemerintah harus segera mengantisipasi hal ini, jika tidak ingin status kepemilikannya diklaim atau diakui negara lain.

“Kami mencium sejumlah negara tetangga di perbatasan tercium tengah melakukan upaya guna meraih pulau itu. Bahkan tim bentukan Perpres No.78/2005 (tentang pulau terluar) pun telah merekomendasikan agar ke-12 pulau itu perlu mendapat perhatian khusus,” beber Sekertaris Jenderal DPD-RI Siti Nurbaya Bakar, Jumat , di Jakarta.

Ke 12 pulau yang terancam itu, menurut Siti adalah : Pulau Rondo, Pulau Sekatung, Pulau Nipa, Pulau Berhala, Pulau Miangas, Pulaua Marapit, Pulaua Bross, Pulau Fanildo, Pulau Marore, Pulau Batik dan Pulau Dana. Ke-12 pulau tersebut terhampar mulai dari wilayah Aceh, Jambi, Kepre, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, NTT hingga Papua.

Tercatat ada 92 pulau terluar yang ada di wilayah Nusantara. Luas pulau rata-rata 0,02 hingga 200 Km persegi. Tapi hanya 50% dari 92 pulau terluar tersebut berpenghuni. Disekitar pulau tersebut ada 10 negara yang berdekatan dengan pulau terluar Indonesia, yaitu Australia, Malaysia, Singapura, India, Thailand, Vietnam, Filipina, Papua New Guinea dan Timor Leste.

hot banget kan infonya, menurut aku sih kita harus ada penjagaan super ketat di sepanjang laut maritim kita... Hom lah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar