05 Desember 2008

Baru Baca Puisi "aku"

Sebenarnya ada rasa malu juga bikin posting ini, gimana tidak... setelah sekian lama orang selalu ngomong tentang indahnya puisi "aku" karya chairil anwar, eh aku baru malam ini membacanya, dengarnya sih dah lama cuman blum kesampaian aja... pas aku baca wah dalam juga rupanya, ini ada aku sisipkan dibawah, mungkin ada kawan-kawan yang senasib sama aku (belum pernah baca... :D)

"AKU

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

Maret 1943"

Seseorang yang merasa dijajah dan ingin sekali keluar dari itu, segala perjuangan akan dihadapi, tidak terkecuali apabila hidup seribu tahun lagi.... suatu rasa nasionalisme yang sangat tinggi dan sangat patut dicontoh oleh generasi-generasi muda sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar