12 November 2008

Hukum pacaran dalam islam?

Bagaimanasih hukum pacaran dalam islam? pertanyaan itu seharusnya ditanyakan kepada semua pemuda-pemudi islam yang sedang di mabuk asmara, tetapi dalam pandangan islam tidak ada yang namanya pacaran, semua itu dapat dikategorikan melanggar norma agama islam...

Mempunyai rasa cinta itu fitrah, gimana tidak, kita diberi potensi kehidupan yang sama, dimana potensi itu yang kemudian selalu mendorong manusia melakukan kegiatan dan menuntut pemuasan. Sebenarnya apasih tujuan pacaran? menurut beberapa sumber yang aku percaya, ada berbagai tujuan yang mendorong orang untuk pacaran, ada yang sekedar iseng, ada yang untuk mencari tempat curahan hati, dan ada juga yang memang menjadikan masa pacaran sebagai masa perkenalan dan penjajakan dalam menempuh masa pernikahan nantinya.


Sebenarnya kita dapat mengambil sebuah firman Allah dalam Al-Quran surat An-Nuur 30-31 yang artinya : "katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya (30)" "katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya (31)".

Dari firman Allah diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa, jangankan pacaran, pandangan kitapun disuruh jaga, lalu bagaimana dengan para laki-laki dan wanita yang hampir tiap malam berderetan dijalan-jalan banda aceh, berdua-duaan tanpa status apapun??? Apa tidak ada lagi laki-laki dan wanita yang beriman di Aceh??? Atau mungkin negeri Aceh yang dulunya berjuluk serambi mekkah ini sudah tidak ada lagi generasi yang dapat dibanggakan seperti teuku umar ataupun cut nyak din???

"Homlah" mungkin itu kata-kata yang sering diucapkan orang tua kita di aceh melihat tingkah laku remaja yang semakin tidak terkontrol, tapi kembali lagi, PACARAN TETAP HARAM dan semua itu kembali ke dalam hati kita semua bagaimana menanggapinya...

1 komentar:

  1. pembahsan pacaran, sepertinya sudah jelas. Masalah cinta adalah fitrah tentu. Tapi, bukan berarti cinta yg fitrah itu diakal-akalin tuk pacaran.... hehehhe..

    just comment

    BalasHapus